Sunday, August 20, 2017

Membuat Nutrisi Perangsang Tanaman untuk Pembungaan dari Telur

Tanaman yang sedang dalam proses pembungaan seringkali membutuhkan nutrisi yang lebih agar bunga bisa lebat dan tidak rontok. Nutrisi yang dibutuhkan salah satunya kita kenal sebagai ZPT (Zat Perangsang Tanaman). ZPT atau nutrisi perangsang ini dapat kita buat sendiri dengan bahan yang mudah dan alami pastinya. Salah satu bahan utama yang bisa kita manfaatkan untuk diolah sebagai nutrisi pembungaan pada tanaman adalah telur. Dengan campuran bahan - bahan lain, maka akan dihasilkan zat perangsang tanaman alami, sehingga meminimalisir penggunaan zat perangsang kimia dan pastinya jauh lebih aman untuk tanaman kita. Berikut bahan yang dibutuhkan dan cara mengolah telur sebagai nutrisi perangsang bagi tanaman, khususnya pada proses pembungaan.

Bahan :
- 1 butir telur bebek
- 90 ml susu kental manis
- 1 sachet madu 25 ml
- 10 ml alkohol 70%
- 1 lt air


Alat :
- sendok
- pipet
- gunting
- ember
- corong
- jerigen

Cara membuat :
1. Pisahkan putih telur dengan kuningnya, karena kuning telur yang akan dipakai untuk membuat nutrisi.
2. Kocok sampai benar-benar merata
3. Masukkan 1 bungkus madu 25 ml
4. Lalu, masukkan 90 ml susu kental manis
5. Aduk rata hingga tercampur seluruh bahan
6. Masukkan air 1 liter, dan campur lagi hingga benar-benar merata.
7. Setelah selesai, masukkan 10 ml alkohol dengan menggunakan pipet.
8. Masukkan ke dalam jerigen menggunakan corong.
9. Kocok jerigen agar semua bahan tercampur, kemudian tunggu 4-5 hari agar nutrisi bisa dipakai untuk menyemprot tanaman.


Ditambahkannya alkohol pada campuran nutrisi telur ini berguna untuk sterilisasi semua bahan yang dicampurkan pada zpt alami ini. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat secara lengkap video pembuatan nutrisi perangsang tanaman untuk pembungaan, berikut ini.

1 comment: