Friday, August 25, 2017

Penggunaan Ajinomoto Untuk Pupuk Tanaman

Ajinomoto, Anda semua pasti tahu dengan produk satu ini. Ini adalah salah satu merk penyedap rasa atau MSG cukup ternama. MSG atau Monosodium Glutamate banyak digunakan pada makanan dan tidak dipungkiri jika hampir semua makanan menggunakan penyedap rasa, tidak hanya merk Ajinomoto. Meski demikian banyak pula yang menghindari konsumsi penyedap rasa ini, walaupun sebenarnya mengkonsumsi MSG itu bukan hal buruk asalkan tidak berlebihan dan dengan takaran yang pas. Kandungan dari MSG pada dasarnya adalah mineral jadi tidak berbahaya jika dikonsumsi setiap hari.

Ajinomoto atau MSG merupakan suatu senyawa yang berbentuk kristal berjenis garam natrium/sodium terbuat dari asam glutamat. Meski memiliki kandungan garam dan gula tapi rasanya tidak asin, bisa dibilang tanpa rasa saat kita cicipi langsung atau bahkan cenderung ada rasa pahit. Selain digunakan sebagai penyedap rasa makanan, ternyata kandungan dari MSG ini dapat diplikasikan pada tanaman sebagai pupuk. Berikut ini beberapa manfaat MSG:


1. Meningkatkan kesuburan tanaman.

Kandungan natrium yang tinggi pada MSG khususnya untuk merk Ajinomoto ini, maka dapat mempengaruhi tingkat kesuburan tanaman. Dengan menyiramkan larutan MSG pada media tanam secara teratur, maka dapat membantu meningkatkan kesuburan tanaman yang ditandai dengan:

- daun lebih hijau dan segar
- daun lebih lebat
- tanaman menjadi lebih sehat

2. Mempercepat pertumbuhan tanaman

Natrium yang terkandung pada MSG juga sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Proses pertumbuhannya akan lebih cepat, batang lebih cepat besar dan daun pun lebih cepat menghijau.

3. Mempercepat pembungaan

Pemakaian larutan MSG sebagai nutrisi tanam dapat juga mempengaruhi proses munculnya bunga pada tanaman. Untuk manfaat yang satu ini dapat diaplikasikan pada tanaman sayur dan tanaman hias, sedangkan untuk tanaman buah pemakaian MSG tidak cocok karena membuat buah jadi kurang segar, kalaupun ingin menggunakan MSG lebih disarankan saat masa pertumbuhan tanaman buah tersebut.

Berikut adalah beberapa manfaat dari Ajinomoto untuk tanaman yang sudah kami buktikan pada tanaman sayur dan tanaman hias.

Takaran Ajinomoto untuk tanaman

Tanaman kangkung umur 1 minggu

Tanaman kangkung umur 3 minggu

Selain untuk tanaman sayur, Ajinomoto dapat digunakan untuk tanaman bunga/hias guna membantu proses pembungaan. Untuk takaran dan cara penggunaanya dapat Anda saksikan pada video berikut ini. Silahkan Anda subscribe channel Taman Inspirasi untuk mendapatkan update video terbaru tentang Inspirasi berkebun pada lahan sempit atau pekarangan rumah Anda.

MSG untuk tanaman bunga

Video Penggunaan Ajinomoto untuk Tanaman




No comments:

Post a Comment